Tentang Kami

Tugas Dan Fungsi

Adapun Tupoksi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah

  1. perumusan kebijakan teknis di Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
  2. pelaksanaan kebijakan bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil ;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
  4. pelaksanaan administrasi dinas bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil; dan
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati.
  1. pelaksanaan koordinasi kegiatan di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
  2. penyusunan rencana program dan anggaran, evaluasi dan pelaporan;
  3. penyelenggaraan urusan ketatausahaan, kerumahtanggaan, kepegawaian, kearsipan, administrasi umum dan dokumentasi;
  4. penyelenggaraan urusan keuangan, perbendaharaan, akuntansi, verifikasi dan pengelolaan sarana dan prasarana; dan
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.
Melaksanakan koordinasi penyusunan rencana program dan anggaran di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
Melaksanakan administrasi keuangan, di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Melaksanakan  pemberian dukungan administrasi ketatausahaan, pengelolaan  barang  milik Negara / Daerah serta sarana, kepegawaian, kearsipan dan dokumentasi di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
  1. penyusunan rencana teknis bidang pelayanan pendaftaran kependudukan;
  2. pelayanan pendaftaran penduduk;
  3. pembinaan teknis bidang pelayanan pendaftaran penduduk;
  4. pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas bidang pelayanan pendaftaran penduduk; dan
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan.
  1. menyusun pedoman dan petunjuk teknis yang berkaitan dengan Identitas Penduduk;
  2. merencanakan, melaksanakan dan melakukan pengawasan yang terkait identitas Penduduk;
  3. mengelola sarana dan prasarana yang terkait Identitas Penduduk,
  4. melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan atasan.
  1. menyiapkandan mengumpulkan pedoman dan petunjuk teknis tentang Pindah Datang Penduduk;
  2. mengolah data tentang Pindah Datang Penduduk;
  3. menerbitkan dokumen kependudukan, WNI Tinggal Sementara, Pindah Datang antar Negara;
  4. melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan pindah datang penduduk;
  5. melaksanakan tugas dinas lainya yang diberikan atasan.
  1. menyiapkan dan mengumpulkan pedoman dan petunjuk teknis yang terkait dengan Pendataan Penduduk;
  2. melaksanakan Pendataan Penduduk;
  3. menyampaikan laporan pelaksanaan Pendataan Penduduk; dan
  4. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan atasan.
  1. penyusunan rencana teknis bidang pelayanan pencatatan sipil;
  2. pelayanan pendaftaran penduduk;
  3. pembinaan teknis bidang pelayanan pencatatan sipil;
  4. pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas bidang pelayanan pencatatan sipil; dan
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan.

 

  1. menyiapkan Peraturan Perundang-undangan yang terkait dengan pelaksanaan Pencatatan Kelahiran dan Kematian;
  2. mengumpulkan data Pencatatan Kelahiran dan Kematian;
  3. mengumpulkan bahan dan pedoman / petunjuk teknis pelaksanaan Pencatatan Kelahiran dan Kematian;
  4. menyusun rencana pelaksanaan Pencatatan Kelahiran dan Kematian Pencatatan Kelahiran dan Kematian;
  5. menerbitkan dokumen kelahiran;
  6. melaksanakan pemantauan, evaluasi dan menyampaikan laporan pelaksanaan Pencatatan Kelahiran dan Kematian Pencatatan Kelahiran dan Kematian; dan
  7. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan atasan.
  1. menyiapkan Peraturan Perundang-undangan yang terkait dengan pelaksanaan Perkawinan dan Perceraian;
  2. menyusun rencana pelaksanaan Perkawinan dan Perceraian;
  3. mengumpulkan bahan dan pedoman / petunjuk teknis pelaksanaan Perkawinan dan Perceraian;
  4. melaksanakan pemantauan, evaluasi dan menyampaikan laporan pelaksanaan Perkawinan dan Perceraian;dan
  5. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan atasan.
  1. menyiapkan Peraturan Perundang-undangan yang terkait dengan Perubahan Status Anak, Pewarganegaraan dan Kematian;
  2. mengumpulkan bahan dan pedoman / petunjuk teknis yang terkait dengan Perubahan Status Anak, Pewarganegaraan dan Kematian;
  3. melaksanakan program Perubahan Status Anak, Pewarganegaraan dan Kematian;
  4. melaksanakan evaluasi dan menyampaikan laporan pelaksanaan Perubahan Status Anak, Pewarganegaraan dan Kematian; dan
  5. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan atasan.
  1. penyusunan teknis pelaksanaan Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan;
  2. penyiapan sumber daya manusia untuk mengelolah system informasi administrasi kependudukan;
  3. pelaksanaan tugas dan pemberian petunjuk teknis Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan;
  4. pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan; dan
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan.

 

  1. menyiapkan mengumpulkan pedoman dan petunjuk teknis yang terkait dengan pelaksanaan Pengolahan dan Penyajian Data;
  2. mengumpulkan, mengelolah dan menyajikan data kependudukan;
  3. melaksanakan pemantauan, evaluasi dan menyampaikan laporan pelaksanaan Pengolahan dan Penyajian Data; dan
  4. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan atasan.
  1. menyiapkan dan mengumpulkan pedoman dan petunjuk teknis tentang Tata Kelola dan Sumber Daya Manusia, Teknologi, Informatika dan Komunikasi;
  2. melaksanakan Tata Kelola dan Sumber Daya Manusia, Teknologi, Informasi dan Komunikasi;
  3. melaksanakan evaluasi dan menyampaikan laporan pelaksanaan Tata Kelola dan Sumber Daya Manusia, Teknologi, Informatika dan Komunikasidan
  4. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan atasan.
  1. menyiapkan dan mengumpulkan pedoman dan petunjuk teknis yang terkait dengan pelaksanaan sistem informasi administrasi kependudukan;
  2. melaksanakan sistim informasi administrasi kependudukan;
  3. melaksanakan, evaluasi dan menyampaikan laporan pelaksanaan sistim informasi administrasi kependudukan; dan
  4. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan atasan.
  1. penyusunan program pemanfaatan data, kerjasama dan Inovasi Pelayanan;
  2. pelaksanaan program pemanfaatan data, kerjasama dan Inovasi Pelayanan;
  3. pemantauan, evaluasi dan pelaporan program pemanfaatan data, kerjasama dan Inovasi Pelayanan; dan
  4. penyusunan dan penerbitan buku profil kependudukan;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan.
  1. menyiapkan danmengumpulkanpedoman petunjuk teknis yang terkait dengan pelaksanaan Kerjasama;
  2. melaksanakan Kerjasama;
  3. menyiapkan dan menyampaikan laporan pelaksanaankerjasama; dan
  4. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan atasan.
  1. menyiapkan dan mengumpulkan pedoman / petunjuk teknis pelaksanaan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan;
  2. menyiapkan data kependudukan; untuk penyusunan buku profil perkembangan kependudukan; dan
  3. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan atasan.
  1. mengumpulkan bahan dan mengolah data penyusunan pedoman dan petunjuk teknis bidang inovasi pelayanan;
  2. menciptakan inovasi pelayanan dalam rangka peningkatan pelayanan kependudukan; dan
  3. melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan atasan.

Alamat :

Jl. D.I. Penjaitan Lehong Desa Gurung Liwut Kec. Borong Manggarai Timur , Flores, NTT

Jam Kerja :

Senin - Jumat 07.30-15.30 Email :info@dukcapil.manggaraitimurkab.go.id Phone : -

Copyright © 2021 Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Manggarai Timur. All Rights Reserved.